DEFENISI ORGANISASI DAN MANFAAT MENNGGUNAKAN STRUKTUR BAGAN ORGANISASI

PENGERTIAN STUKTUR ORGANISASI 

Dalam sebuah organisasi dari berbagai ukuran atau kompleksitas, tanggung jawab karyawan biasanya ditentukan oleh apa yang mereka lakukan, siapa mereka melaporkan kepada, dan untuk manajer, yang melaporkan kepada mereka. Seiring waktu definisi ini ditugaskan untuk posisi dalam organisasi daripada individu tertentu. Hubungan antara posisi ini digambarkan secara grafis dalam bagan organisasi (lihat Gambar 1a dan 1b). Struktur organisasi terbaik untuk setiap organisasi tergantung pada banyak faktor termasuk pekerjaan yang dilakukannya; ukurannya dalam hal karyawan, pendapatan, dan penyebaran geografis dari fasilitas; dan berbagai usahanya (sejauh mana itu diversifikasi di pasar).

Ada beberapa variasi struktural yang organisasi dapat mengambil, tetapi ada beberapa prinsip dasar yang berlaku dan sejumlah kecil pola umum. Bagian berikut menjelaskan pola-pola ini dan memberikan konteks historis yang beberapa dari mereka muncul. Bagian pertama membahas struktur organisasi pada abad kedua puluh. Bagian kedua memberikan rincian tambahan tradisional, struktur organisasi vertikal diatur. Ini diikuti dengan deskripsi dari beberapa struktur organisasi alternatif termasuk yang diatur oleh produk, fungsi, dan pasar geografis atau produk. Selanjutnya adalah pembahasan struktur kombinasi, atau organisasi matriks. Diskusi menyimpulkan dengan mengatasi struktur organisasi masa depan yang baru muncul dan potensial.

organisasi
INILAH SAAH SATU CONTOH BENTUK BAGAN STUKTUR DARI ORGANISASI

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan

Perusahaan dapat memiliki banyak struktur organisasi, tetapi yang paling khas perusahaan struktur organisasi terdiri dari pemegang saham, direksi, petugas dan karyawan. Dalam perusahaan yang lebih besar, masing-masing kelompok dapat melibatkan banyak orang. Gambar berikut ini merupakan struktur organisasi perusahaan dasar untuk sebuah perusahaan multinasional.  Diantaranya:

  • Perdagangan Perusahaan Struktur Organisasi
  • Struktur Organisasi Perusahaan
  • Bisnis Struktur Organisasi
  • Retail Perusahaan Struktur Organisasi
  • Akuntansi Org Bagan

Format top down ini menempatkan manajer di bagian atas grafik berbentuk piramida. Mereka posisi yang melaporkan kepada manajer disajikan secara horizontal, pada baris kedua, seperti yang ditunjukkan pada Contoh 1A dan 1B. 

Pada Contoh 1C, kita melihat bahwa posisi dimulai pada tingkat ketiga dan bawah terstruktur secara vertikal. Format ini lebih disukai untuk melanjutkan dengan lapisan horisontal, karena lebih pas untuk melihat pada halaman atau layar. Pertimbangan lain adalah informasi apa yang harus dimasukkan. Grafik contoh org bawah ini mencakup headshots dan ekstensi telepon. Ia juga memiliki hyperlink dalam versi online, sehingga mengklik salah satu kotak inisiat email ke orang tersebut.

Contoh Inverted Org Bagan

Meskipun top-down, org bagan vertikal adalah jauh yang paling umum, grafik organisasi pertama yang terbalik. Kredit untuk penciptaan struktur organisasi diberikan kepada Daniel McCallum, pada 1854. bagan org McCallum terstruktur seperti pohon, bukan piramida, dengan manajemen di bagian bawah. Berikut adalah contoh grafik org terbalik.

Contoh Horizontal Org Bagan

Digunakan jauh lebih jarang adalah struktur organisasi horisontal. Ini menempatkan posisi manajerial di sisi kiri grafik dan bergerak kanan, atau sebaliknya. Berikut adalah tiga contoh grafik org horisontal disajikan dalam format kiri-ke-kanan.

Top 12 Manfaat Menggunakan Bagan Organisasi

Bagan organisasi adalah alat yang baik untuk memetakan struktur organisasi.
Berikut ini adalah beberapa manfaat atas untuk menggunakan bagan organisasi:
  1. Bagan organisasi membantu membangun dan merancang struktur organisasi untuk memenuhi 'tujuan bisnis.
  2. Bagan organisasi dapat membimbing karyawan untuk mengetahui hak-hak dan tanggung jawab mereka.
  3. Bagan organisasi bantuan membagi fungsi perusahaan, perusahaan atau departemen.
  4. Hal ini juga menunjukkan hubungan antara anggota staf organisasi.
  5. Dengan bagan organisasi, sangat mudah untuk mengetahui apakah beban kerja petugas terlalu berat.
  6. Sangat mudah untuk menemukan apakah orang yang tidak terkait melakukan pekerjaan beberapa longgar, tidak ada hubungan.
  7. Cari tahu apakah orang-orang yang tidak kompeten dalam pekerjaan ini pada posisi penting.
  8. Membuat semua orang jelas dalam organisasi mereka dan meningkatkan kinerja karyawan.
  9. Departemen lain juga dapat memahami dan meningkatkan koordinasi organisasi.
  10. Sangat mudah untuk melihat saluran promosi terbuka.
  11. Beberapa manajer dapat menggunakan alat bagan organisasi dengan anggaran analisis, tim kerja desain dan menghasilkan laporan.
  12. Bagan organisasi sering menguraikan tugas karyawan dan manajer yang bertanggung jawab untuk mengawasi setiap karyawan.

STRUKTUR ORGANISASI PERMANEN

Memahami konteks historis, yang dari struktur organisasi saat ini telah dikembangkan membantu menjelaskan mengapa beberapa struktur adalah cara mereka. Misalnya, mengapa lama, tapi pabrik baja masih operasional seperti US Steel dan Bethlehem Steel terstruktur menggunakan hierarki vertikal? Mengapa baru baja mini-pabrik seperti Chaparral Baja terstruktur lebih horizontal, memanfaatkan inovasi dari karyawan mereka? Salah satu alasannya, karena bagian ini membahas, adalah bahwa struktur organisasi memiliki inersia tertentu-ide yang dipinjam dari fisika dan kimia bahwa sesuatu bergerak cenderung melanjutkan bahwa jalan yang sama. Mengubah struktur organisasi adalah tugas manajerial menakutkan, dan besarnya proyek tersebut setidaknya sebagian bertanggung jawab mengapa struktur organisasi berubah jarang.

Pada awal abad kedua puluh sektor bisnis Amerika Serikat itu berkembang. Industri bergeser dari pekerjaan-toko manufaktur untuk produksi massal, dan pemikir seperti Frederick Taylor di Amerika Serikat dan Henri Fayol di Prancis mempelajari sistem baru dan prinsip-prinsip yang dikembangkan untuk menentukan bagaimana struktur organisasi untuk efisiensi terbesar dan produktivitas, yang dalam pandangan mereka sangat banyak seperti mesin. Bahkan sebelum ini, sosiolog Jerman dan insinyur Max Weber menyimpulkan bahwa ketika masyarakat merangkul kapitalisme, birokrasi adalah hasil yang tak terelakkan. Namun, karena tulisan-tulisannya tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sampai tahun 1949, karya Weber memiliki sedikit pengaruh pada praktek manajemen Amerika sampai pertengahan abad kedua puluh.

Manajemen berpikir selama periode ini dipengaruhi oleh ide-ide Weber birokrasi, di mana kekuasaan berasal posisi daripada memegang posisi tersebut individu. Hal ini juga dipengaruhi oleh manajemen ilmiah Taylor, atau "satu cara terbaik" untuk menyelesaikan tugas menggunakan studi ilmiah ditentukan waktu dan gerak. Juga berpengaruh adalah gagasan Fayol memohon persatuan dalam rantai-of-perintah, otoritas, disiplin, tugas spesialisasi, dan aspek lain dari kekuatan organisasi dan pemutusan hubungan kerja. Ini menciptakan konteks untuk organisasi vertikal terstruktur ditandai dengan klasifikasi yang berbeda pekerjaan dan struktur otoritas top-down, atau apa yang dikenal sebagai struktur organisasi tradisional atau klasik.

Dan mungkin Untuk Pos Selanjutnya saya akan membahas 

Organisasi non profit

0 Komentar untuk "DEFENISI ORGANISASI DAN MANFAAT MENNGGUNAKAN STRUKTUR BAGAN ORGANISASI "

 
Copyright © 2014 media dewasa - All Rights Reserved
Template By Catatan Info